Senin, 31 Mei 2010

makassar Vs bugis

seperti yang belum kalian tahu, orang tua saya adalah keturunan bugis asli, saya sendiri belum tahu pasti saya bersuku bugis atau makassar..

kenapa saya bilang seperti itu..
ini disebabkan saya gag mengerti tentang bagaimana cara kita mengetahui suku apa kita ini.
nanti kita mengakui suatu suku sebagai suku kita tetapi kita tidak mengetahui asal-usul suku itu,

seperti yang saya alami, dulu ketika saya ditanya saya bersuku apa??? spontan saya berujar "BUGIS" tetapi ketika ditanya mengenai bahasa bugis, saya bingung menjawabnya karena bahasa bugis saya sangat RENDAH.. seperti halnya bahasa inggris saya hanya tau dasarnya saja...
makin lama saya makin bingung, akhirnya saya mengaku sebagai suku "Makassar" karena saya lahir dan besar diibukota provinsi sulawesi selatan ini, tapi ketika ditanya masalah bahasa dan adat makassar saya juga bingung!!! saya cuma tau yang pernah lihat dan alami, entah itu bahasa ataupun adat istiadat suku yang saya tau dalam hal ini suku makassar dan bugis...

so..
sebenarnya bagaimana cara mengetahui kita ini ber"SUKU" apa???
kita dengan gampang mengatakan bersuku bugis, makassar, mandar dan sebagainya tetapi kita tidak mengetahui bagaimana budaya atau adat istiadat suku yang kita akui itu...

itulah gambaran mengenai kebingungan saya sebagi anak yang bersuku "BUGIS" tetapi lahir dan besar di "MAKASSAR".

sekarang daripada bingung-bingung, mending kita bersamasama mempelajari bahasa dan adatistiadat SUKU yang kita sandang agar kita tidak malu dan ragu ketika ditanya mengenai SUKU yang kita anut...

wahahahaa..
soooottttttt,,,, :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar